Sabtu, 15 Mei 2010

asal-usul tenis meja\ping pong

Asal Usul Tenis Meja
Sejak mulai dikenal sampai sekarang, masih belum ada yang dapat memastikan kapan tenis meja lahir, sejarah mencatat pada tahun 1880 para militer inggris sering menggunakan tutup kotak cerutu sebagai bat dan tutup botol anggur sebagai bola dan setumpuk buku dijadikan meja untuk bermain. Mungkin dari sini cikal bakal tenis meja bermula.
Merurut sejarah yang lain, pada tahun 1891 seorang kebangsaan Inggrisbernama Charles Barter mendaftarkan paten atas olahraga tenis meja. Pada tahun 1902 seorang berkebangsaan Inggris melapisi bat dengan getah karet agar mempunyai “spin” atau putaran pada bola.
Kejuaraan dunia pertama kali diadakan pada tahun 1927 yang bertempat di London dan diikuti oleh tujuh Negara. Dan yang pertama kali merebut gelar juara dunia adalah Dr.Jacobi yang berkebangsaan Hongaria. Sejak itu Hongaria mendominasi kejuaraan tenismeja dengan pemain topnya.
Salah satu factor kebangkitan Asia dalam olah raga ini adalah dengan diperkenalkannya bat dengan karet busi oleh Horoi Satoh dari jepang pada tahun 1952. Kemudian olahraga tenis meja berkembang pesat dan para pemain dapat memberikan sejumlah putaran pada bola.
International Table Tennis Federation ( ITTF), perhimpunan tenis meja sedunia memiliki anggota kurang lebih 100 negara, dan berdiri pada tahun 1926, dan untuk pertama kali ikut serta dalam Olimpiade di Seoul pada tahun 1988.

sumber:ans-exciter.blog.friendster.com

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut